Pasang

Tahun Ini BBWS Brantas Rencanakan P3-TGAI untuk 750 Desa di Jatim

  • Bagikan
Tahun Ini BBWS Brantas Rencanakan P3-TGAI untuk 750 Desa di Jatim
Foto: Istimewa

JAWA TIMUR, SINERGI MADURA – Pada tahun anggaran 2021 ini, Kementerian PUPR-BBWS Brantas tengah berupaya memaksimalkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi atau P3-TGAI untuk 750 desa di Jawa Timur.

“Ini dalam rangka antisipasi dampak pandemi COVID-19, terutama di kawasan pedesaan,” kata Kepala BBWS Brantas, Surabaya, Muhammad Rizal, Jumat (19/3/2021).

Pasang

“Program ini merupakan bagian dari sejumlah program padat karya tunai untuk percepatan pembangunan infrastruktur kerakyatan di tahun 2021,” imbuhnya.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) nomor 308/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Daerah Irigasi Penerima P3-TGAI.

“Ada sekitar 750 desa yang bakal mendapatkan anggaran (P3-TGAI) ini, tersebar di 686 daerah irigasi, 20 Kabupaten/Kota dan 243 Kecamatan,” sebutnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Rizal, program perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi (rehabilitasi) ini akan dilaksanakan oleh Balai-balai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) dengan peran serta masyarakat petani.

“Karena ini dalam rangka antisipasi dampak Covid, jadi realisasi pengerjaannya nanti kita gandeng masyarakat, terutama petani ya,” katanya.

Masyarakat petani tersebut adalah mereka yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) atau Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA).

Jadi P3-TGAI ini, kata dia, merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat dari Kementerian PUPR yang dilaksanakan dengan makanisme padat karya tunai, bukan suatu pekerjaan kontraktual melalui penyedia barang atau jasa.

“Jadi kegiatan ini tidak boleh dilaksanakan secara kontraktual atau dikerjakan oleh penyedia jasa konstruksi perusahaan, baik PT ataupun CV,” jelasnya.

Rizal mengatakan, untuk hal yang berkaitan dengan SPK atau kontrak penyedia barang atau jasa P3-TGAI BBWS Brantas, selengkapnya dapat dilihat langsung di situs resmi BBWS Brantas.

“Informasi selain yang telah tertera dalam laman situs BBWS Brantas dapat dipastikan bahwa informasi tersebut tidak benar, palsu atau hoaks,” pungkas Kepala BBWS Brantas.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *