Tahun Ini, Siltap Perangkat Desa di Sampang Naik

Tahun Ini, Siltap Perangkat Desa di Sampang Naik
ilustrasi perangkat desa (Istimewa)

SAMPANG, SINERGI MADURA - Penghasilan Tetap (Siltap) perangkat desa di Kabupaten Sampang, Jawa Timur mengalami kenaikan tahun ini. Kenaikan tersebut membuat posisi perangkat desa setara dengan gaji ASN golongan II/a yakni Rp 2.022.200.

Pelaksana tugas (Plt) DPMD Sampang, Rahman melalui Kasi Perencanaan Pembangunan Desa, Rudi Susanto mengatakan, saat ini proses kenaikan tersebut sudah selesai dibahas.
 
"Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan. Untuk Kabupaten Sampang mengalami kenaikan bagi perangkat desa," ujarnya kepada media ini, Rabu (20/1/2021).

Siltap perangkat desa, lanjut Rudi, menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Baca Juga: Fantastis, Bupati Pamekasan Siapkan Anggaran 4 Miliar untuk Lansia

Tidak hanya itu, Siltap juga diatur dalam Perbub Sampang. Namun, masih belum keluar karena masih dalam proses atau rancangan.

"Adapun perubahan Siltap perangkat desa yaitu untuk kepala desa sebesar Rp 2.427.000 perbulan, sekretaris desa Rp 2.224.500 ribu, sedangkan untuk kasi, kaur dan kasun sebesar 2. 022.200 ribu," bebernya.

Rudi berharap, dengan kenaikan Siltap ini, kinerja perangkat desa dapat maksimal sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya pada masing-masing jabatan.

"Mudah-mudahan dengan kenaikan Siltap juga dapat menambah kesejahteraan perangkat desa," harapnya. (zn/an/fd)


(*)