Pasang

Tajhin Sobih, Makanan Khas Madura yang Banyak Dijual di Pasar Tradisional

  • Bagikan
Tajhin Sobih, Makanan Khas Madura yang Banyak Dijual di Pasar Tradisional
Tajhin Sobih Khas Bangkalan (SC.YT/Sahabat Makan)

KULINER, SINERGI MADURAMadura dikenal sebagai daerah yang mempunyai aneka ragam kuliner yang khas. Salah satunya adalah Tajhin Sobih yang berasal dari Kabupaten Bangkalan.

Masakan tradisional ini merupakan jajanan pasar sejenis bubur yang terbungkus daun pisang. Terbuat dari bahan tepung beras beserta campuran lainnya yang diolah jadi bubur putih, cokelat dan bubur mutiara.

Pasang

Sementara untuk kuah dan pemanisnya dibuat dari kuah santan dan gula merah cair. Kudapan ini sangat mirip dengan bubur sumsum di daerah lain, namun soal rasa dan tampilannya masih bisa bersaing.

Dalam Bahasa Indonesia, kata ‘tajhin’ berarti bubur, sedangkan kata ‘sobih” adalah nama sebuah desa yang terletak di ujung barat pulau garam, yaitu Bangkalan. Sesuai namanya, tajhin sobih ini berasal dari desa Sobih.

Baca Juga: Asal Usul dan Makna Tajhin Mera Pote, Tradisi Makanan Bulan Safar di Madura

Makanan tradisional asal Bangkalan ini benar-benar masih terasa lekat nuansa tradisionalnya. Biasanya banyak ditemukan di pasar tradisional, meskipun ada juga yang dijual keliling oleh ibu-ibu lansia.

Tidak semua orang bisa membuat Tajhin Sobih dengan rasa yang khas, resep dan cara membuat makanan sederhana ini membutuhkan tangan yang sudah terbiasa memasaknya.

Untuk harga tajhin sobih masih sangat murah, yakni dijual Rp 5000 rupiah per porsi. Namun jika ingin porsi lebih banyak cukup hanya membayar Rp 7000 rupiah saja.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *