Pasang

Temulawak Dipercaya Dapat Obati Gangguan Lambung

  • Bagikan
Tanaman temulawak
Tanaman temulawak (Foto: [email protected])

TIPS, SINERGI MADURA – Temulawak merupakan jenis tanaman rimpang yang tumbuh di berbagai daerah di Indonesia.

Sebagian besar, temulawak dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu ramuan herbal yang cukup alami dan bisa dikelola atau diproduksi menjadi obat-obatan dalam bentuk kemasan seperti kapsul.

Pasang

Tanaman ini, sudah ada sejak zaman dulu, hingga sampai saat ini khasiatnya masih diteruskan secara turun temurun dan digunakan sebagai obat, terutama dalam mengobati penyakit lambung.

Hal ini karena tanaman temulawak masih memiliki aktivitas antioksidan yang tergolong aktif, sehingga dianggap sebagai antioksidan alami yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, temulawak yang dijadikan jamu akan mampu mengatasi gangguan pencernaan, mencegah kanker, antimikroba, dan anti inflamasi.

Sementara untuk persoalan atau gangguan lambung, tanamam ini sangat ampuh dibanding dengan ramuan lain, seperti jenis kunyit dan lain sebagainya.

Temulawak ini, memilik kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, yaitu berupa fellandrean, turmerol atau yang sering disebut minyak menguap, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid.

Baca juga: 6 Khasiat Daun Saledri, Bisa Buat Rambut Jadi Lurus

Berikut, manfaat temulawak untuk mengatasi persoalan lambung:

1. Mengatasi gangguan pencernaan
Berbagai gangguan pencernaan, seperti mual, perut kembung, begah, sensai terbakar dan perasaan cepat kenyang setelah mulai makan, bisa diatasi dengan temulawak.

2. Meningkatkan nafsu makan
Bagi yang mengalami masalah dengan nafsu makan yang rendah, temulawak bisa menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan nafsu makan.
Temulawak ini akan mempercepat proses pengosongan perut, atau pencernaan secara alami, sehingga akan meningkatkan nafsu makan.

3. Mengatasi keluhan dispepsia atau rasa tidak nyaman di perut seperti perut terasa penuh

4. Mengatasi iritasi di lambung dan usus besar

(*Anto/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Manfaat Temulawak Untuk Mengobati Asam Lambung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *