Pasang

Tiga Wisata Religi Tersohor di Sampang Madura

  • Bagikan
Tiga Wisata Religi Tersohor di Sampang Madura
Seorang pengunjung berdiri di pintu masuk Gapura Paduraksa (Sumber foto: Instagram @chsudarmanto)

WISIATA, SINERGI MADURA – Kabupaten Sampang terletak di Pulau Madura, Jawa Timur, atau lebih tepatnya di antara Pamekasan dan Bangkalan.

Dari arah Jembatan Suramadu berjarak tempuh kira-kira 1,5 jam perjalanan.

Pasang

Kabupaten ini memiliki tempat wisata religi yang tidak kalah menarik dengan kabupaten lainya, diantaranya wisata alam, budaya hingga wisata religi.

Di antara wisata religi yang terkenal di kabupaten berjuluk Kota Bahari ini salah satunya adalah Makam Ratu Ebu.

Berikut 3 tempat bersejarah yang berada di sekitar Makam Ratu Ebu, dirangkum sinergimadura dari channel YouTube Kacong Cebbing Sampang.

1. Makam Ratu Ebu

Pada jaman dahulu, makam ini dikeramatkan sebagai tempat para raja-raja Pulau Garam, Madura yang melahirkan para pemimpin-pemimpin hebat hingga saat ini.

Sebelum masuk ke area pesarean Ratu Ebu, pengunjung akan melihat bangunan bersejarah, yaitu Gapura Paduraksa. Lokasi ini berada di jalan Mangkubumi, Desa Polagan, Kecamatan Kota.

Baca Juga: Bingung Cari Tempat Wisata Hit di Pamekasan Madura, Ini Jawabannya!

2. Masjid Madegan

Masjid Madegen merupakan masjid tertua di Kabupaten Sampang. Masjid ini berada dekat dengan lokasi Kraton Madegen, dibangun oleh Adipati Pramono.

Dalam kisah lisan masyarakat setempat, konon masjid ini dibangun dalam waktu semalam, dipimpin oleh seorang petapa dan bergotong royong dengan masyarakat setempat. Lokasi masjid ini berada di kelurahan Polagan, Kecamatan Kota, Sampang.

3. Makam Raden Panji Laras

Di area makam Ratu Ebu ini pula kita akan mendapatkan prasasti alam bersejarah lainnya, yakni Tujuh Sumur yang biasa dikenal dengan sebutan Sumur Panji Laras.

Oleh masyarakat sekitar, air dari sumur ini dipercaya punya khasiat luar biasa bagi tubuh dan masa depan kehidupan seseorang.

Ditempat itu juga terdapat prasasti floura dan fauna. Lokasi ini berada di kelurahan Polagan, Kecamatan Kota. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *