Pasang

Tips Aman Berkendara Agar Terhindar Dari Kecelakaan Di Jalan Raya

  • Bagikan
Ilustrasi kecelakaan (Foto: A Simple Blog)

TIPS, SINERGI MADURA – Kecelakaan merupakan suatu kejadian yang tidak dapat diduga oleh seseorang yang mengalaminya, sehingga menyebabkan kerugian pada dirinya maupun orang lain.

Kecelakaan tidak bisa ditebak kapan akan terjadi,  sebab kejadian ini diluar kendali manusia, sehingga mengakibatkan cedera, kerusakanbahkan kerugian lainnya.

Pasang

Salah satu kecelakaan yang banyak terjadi yaitu di jalan raya atau jalan lalulintas, misalnya kecelakaan saat sedang berkendara atau mengemudi.

Dengan begitu, pengemudi harus fokus ketika berkendara di jalan, jadi harus benar-benar waspada akan bahaya yang akan terjadi saat sedang berkendara.

Tentu, semua orang mengharapkan agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan. Sebenarnya ada tiga poin penting mengapa bisa terjadi suatu kecelakaan, yaitu:

– Pengemudi tidak mampu mengendalikan kendaraannya.

– Pengemudi tidak mampu memahami jalan dan lingkungannya.

– Pengemudi tidak mampu memahami gerakan pengguna jalan lain.

Baca Juga: Rasakan Manfaat Susu untuk Kesehatan Tubuh bila Dikonsumsi sebelum Tidur

Nah, agar dapat memastikan keselamatan berkendara tercapai, haruslah mampu mengidentifikasi resiko dan hazard yang ada, untuk menghindarkan pengemudi dari kecelakaan.

Berikut cara mengurangi resiko kecelakaan serta pencegahan bahaya (hazard), terdapat tiga sekuensi dari jalan berkeselamatan, antara lain:

1. Regulating Road
Regulating Road berarti jalan memenuhi kaidah dan norma geometrik, seperti penampang melintang jalan, alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan hazard yang dihadapi oleh pengendara sebisa mungkin. Jalan yang sudah memenuhi regulasi tersebut memanglah masih memiliki hazard, tetapi risiko terjadinya kecelakaan telah sangat diminimalisir.

2. Self-Explaining Road
Self-Explaining Road berarti jalan yang mampu menjelaskan kondisi jalan terhadap pengemudi dengan bantuan rambu-rambu peringatan sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kecelakaan.

Hal ini dilakukan dengan menyiapkan pengemudi dengan hazard yang mungkin akan ditemui karena kondisi jalan yang sub-standard.

Rambu yang dipasang haruslah mampu menyampaikan kepada pengemudi hazard ada dan apa yang harus dilakukan oleh pengemudi.

3. Forgiving Road
Forgiving Road berarti jalan mampu “memaafkan” pengguna jalan yang mengalami kecelakaan sehingga tingkat fatalitas yang dihasilkan akan lebih rendah.

Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan jalur penyelamat dan palang pembatas jalan.

 

(*Dadang/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 3 Tips Cegah Kecelakaan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *