Pasang

Tips Hilangkan Jerawat Membandel di Wajah Secara Alami

  • Bagikan
Jerawat di wajah
Ilustrasi jerawat di wajah. (Foto: pixabay.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak.

Pasang

Namun, yang paling membuat tidak nyaman dan sering mengganggu penampilan seseorang kurang percaya diri ketika jerawat ini tumbuh di wajah.

Maka dari itu, langsung saja ikuti cara menghilangkan jerawat dengan mudah dan alami di bawah ini, sebagaimana dilansir Sinergi Madura dari berbagai sumber.

1. Kompres dengan Es Batu

Mengompres jerawat dengan es batu menjadi penanganan pertama agar tidak lagi meradang. Cara ini akan membuat jerawat cepat kempes apabila rutin dilakukan.

Cukup kompres lembut area wajah yang berjerawat dengan membungkus es batu pada kain bersih. Diamkan beberapa saat hingga jerawat mereda.

Baca Juga: 3 Fakta Berbahaya Ilmu Pelet Jaran Goyang yang Belum Banyak Tahu

2. Cuci Wajah Secara Rutin

Cara menghilangkan jerawat yang kedua, kamu disarankan untuk rutin mencuci wajah menggunakan sabun berbahan lembut dan khusus untuk jerawat.

Biasakan membersihkan wajah 2 kali sehari di pagi hari dan malam hari sebelum Anda tidur.

Langkah ini akan mengangkat minyak dan kotoran yang menempel di wajahmu. Jika dibiarkan bisa memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Selain Menurunkan Tekanan Darah, Ini Dampak Buruk Sering Mandi Air Hangat

3. Aplikasikan Masker Alami

Pilih masker wajah dari bahan alami untuk menghilangkan masalah jerawat. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah atau menggunakan produk masker wajah yang lebih praktis digunakan.

Bahan alami yang bisa kamu pilih antara lain tomat, mentimun, lidah buaya, kunyit, madu, dan telur. Haluskan bahan-bahan tersebut dan oleskan pada wajah secara merata.

Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Idealnya penggunaan masker wajah cukup dilakukan 2 kali seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

4. Hindari Sering Menyentuh Wajah

Cara menghilangkan jerawat satu ini gampang-gampang susah. Tidak sedikit orang yang menyentuh jerawat bahkan hingga memencetnya.

Tindakan ini justru membuat jerawat semakin meradang dan meninggalkan bekas hitam. Bakteri penyebab jerawat pun dapat ikut menyebar ke area wajah lain dan membuat masalah jerawat tak kunjung usai.

Anda disarankan jangan sering menyentuh area wajah dengan tangan, karena hanya akan memperburuk kondisi jerawat.

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Untuk kamu yang memiliki masalah jerawat membandel, ubah pola makanmu menjadi lebih sehat. Kurangi konsumsi makanan yang banyak lemak dan gula. Karena kedua kandungan tersebut bisa memperbanyak produksi minyak pada kulit yang memicu tumbuhnya jerawat.

Anda sebaiknya perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan kandungan vitamin dan nutrisi seperti omega 3 dan vitamin C. Makanan sehat sangat kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Anda bisa mengikuti cara-cara di atas untuk membantu menghilangkan jerawat secara alami. Tentu hasilnya tidak instan, namun jika rutin dilakukan akan bekerja secara efektif dan maksimal.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *