Pasang

Tips Merawat Smartphone agar Lebih Awet Saat Sering Digunakan

  • Bagikan
Sedang main games di samartphone
Sedang main games di samartphone (Foto: Seluler.ID)

TEKNO, SINERGI MADURA – Handphone (Hp) di era saat ini sudah menjadi kebutuhan semua kalangan yang digunakan sebagai alat komunikasi, informasi dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, handphone mengalami perkembangan dan perubahan yang lebih canggih, seperti dengan adanya smartphone android dan iphone.

Pasang

Dengan keberadaan hp android dan iphone sehingga kinerjanya selalu digunakan setiap hari dan sampai melebihi batas kemampuan handphone itu sendiri, seperti main games, bersosial media.

Dengan begitu penting bagi kita merawat hp dengan baik agar awet dan tidak mudah rusak, sebab jika rusak secara otomatis kita akan mengeluarkan biaya lagi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara merawat hp dengan baik agar bisa tahan lama pemakaiannya, antara lain:

1. Gunakan charger original

Agar Handphpone tetap awet, gunakan charger original (cassan hp asli)  karena mesin yang digunakan tentunya disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan handphone yang kita beli.

Beda halnya dengan charger yang KW atau abal-abal jelas secara ukuran mesin tak sesuai dengan handphone, justru dapat berakibat merusak handphone.

Baca juga: Selain Bisa Menyembunyikan Status Online, Ini Fitur Rahasia Apliń∑asi WhatsApp

2. Isi daya sesuai kebutuhan

Cukup sederhana dalam merawat hp, seperti jangan mengisi batre melebihi 100%. Hal ini pun bisa berdampak pada umur battrey tersebut semakin berkurang bahkan bisa mengembung.

Batrei hp jika di charge terus-terusan melebih 100% maka kapsitas kian menurun karena mendapat dorongan tegangan yang masuk ke dalam hp.

3. Hindari bermain games saat sedang mengisi daya

Kadang tanpa kita sadari, disaat hp digunakan untuk bermain itu juga menyebabkan batrei jadi drop bahkan rusak karena penggunaan batrei yang berlebihan dan butuh beban besar yang ditanggung oleg batrei tersebut.

Jadi, untuk menjaga batrei sebaiknya main games seperlunya saja dan disaat main jangan bersamaan mengisi daya batrei.

4. Gunakan screen protector supaya layar awet

Salah satu cara merawat hp qndroid terutama layarnya diantaranya dengan menggunakan pelindung layar atau screen protector.

Screen protector bisa menjaga layar sentuh smartphone terhindar dari goresan-goresan dan menyelamatkan layar LCD bila smartphone tidak sengaja jatuh.

5. Matikan smartphone saat tidak digunakan

Untuk menjaga agar hp awet lainnya yang bisa kita gunakan adalah dengan cara mematikan smartphone saat tidak digunakan.

Hal ini membantu mendinginkan komponen penting pada smartphone, seperti RAM, prosesor dan juga baterai.

6. Hindarkan dari medan magnet

Jarang orang yang menyadari kalau magnet juga dapat memperusak hp, karena susunan komponen hp terdiri dari berbagai magnet seperti speaker, mic speaker.

Tanpa sadar kita kerap meletakkan hp didekat TV, radio atau sesuatu yang berbau dengan magnet. Sehingga kebiasaan seperti ini dapat memperpendek umur hp itu sendiri.

7. Jangan men-charge sebelum tidur

Hal ini menghindari overcharge yang dapat mengakibatkan over pada daya batrei itu sendiri. Batrei yang over akan berakibat mudahnya panas sehingga berdampak memuai hingga melembung pada batrei itu sendiri

8. Jangan mencharging saat baterai 0%

Pengisian baterai saat 0% bisa membuat daya baterai cepat rusak. Hal ini dikarenakan adanya tekanan tegangan yang masuk sehingga memicu ada nya korsleting karena tidak adanya tahanan daya dalam batrei tersebut.

Jadi, sebaiknya isi batrei Anda minimal 30%-50% dan hindari isi daya melebihi 100%

9. Membersihkan cache

Biasanya banyak yang tak menyadari, ketika penggunaan hp yang tiba-tiba sering mengalami aplikasi yang tiba-tiba tidak merespons atau sering disebut dengan crash? Sebenarnya kamu tidak harus selalu menutup aplikasi itu secara paksa.

Coba terapkan metode penghapusan cache, mungkin, langkah ini bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah umum yang muncul saat menjalankan aplikasi. Kalau masih belum bisa, kita bisa membawanya ke teknisi terdekat.

10. Jangan terlalu sering multi-tasking

Zaman now, sudah hal yang wajar jika mayoritas gemar melakukan multitasking. Namun membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus dapat membuat lebih lambat, apalagi bila spesifikasi hp biasa-biasa saja.

Jadi cara merawat baterai hp android agar awet salah satunya dengan menutup aplikasi lain sebelum membuka aplikasi baru. Jangan biarkan hp menjadi lemot karena aktivitas multitasking.

11. Merawat software android

Aplikasi atau software android juga membutuhkan perhatian dari para pemakai smartphone Android. Pasalnya aplikasi menjadi sajian utama smartphone saat digunakan.

Kamu bisa merawat software untuk mencegah hp menjadi lambat dengan cara memperhatikan RAM dan spesifikasi, seperti:

– Install aplikasi seperlunya terpercaya saja
– Jangan unduh aplikasi di luar Google Playstore, berpotensi membawa malware dan jelas tidak aman
– Install anti-virus yang mendapatkan rating bagus dan perhatikan komentar-komentar apakah banyak negatif atau positifnya.

(*Dadang/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 12 Cara merawat HP dengan Baik agar Awet)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *