Tolak Tambang Fosfat, FPM Gelar Demonstrasi

Tolak Tambang Fosfat, FPM Gelar Demonstrasi
BERORASI: Front Perjuangan Mahasiswa saat mendatangi kantor Bupati Sumenep (Edy Mufti - Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Puluhan aktivis yang tergabung dalam Front Perjuangan Mahasiswa (FPM) menggeruduk gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Kantor Bupati Kabupeten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terkait penolakan tambang fosfat.

Dalam aksi solidaritas ini, mahasiswa mrmints para pemimpin di Kabupaten Sumenep sadar sehingga bisa mementingkan nasib rakyat kecil, bukan malah memperkaya para pejabat dengan rencana penambangan fosfat.

Koordinator lapangan (Korlap), Arisya Dinda Nurmala Putri mengatakan, aksi ini untuk menolak penambangan fosfat sebagaimana tertuang dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2013-2033 yang dalam waktu ini akan direview.

Baca Juga: Dinilai Tak Layak Jadi Kepala Dinas, Aktivis Bangkalan Duduki DPMPTSP

"Kami menyuarakan aspirasi rakyat, tuntutan kami terkait penolakan penambangan fosfat," lantang dia, Rabu (7/4/2021).

Dari berbagai penolakan yang dilakukan oleh Mahasiswa yang ada di Kabupaten Sumenep, ia mengaku bahwa aksi kali ini merupakan aski independent. Dengan begitu, pihaknya memang sengaja untuk tidak ditemui oleh pihak manapun baik dari anggota DPRD dan Bupati Sumenep, sebab ia mengaku aksi tersbut adalah bentuk dari kegelisahan rakyat kecil yang juga menolak rencana penambangan.

"Tidak ada jaminan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, secara tegas untuk menolak penambangan fosfat, jadi kita memang tidak ada terget bertemu" tegas aktivis perempuan ini.

Dinda menambahkan bahwa pihaknya akan terus mengawal terkait Perda RTRW 2013-2033 tentang rencana penambangan fosfat sampai Pemkab Sumenep agar tidak terlaksana dan mengancam lingkukangan juga rakyat kecil.

"Kita tetap kawal sampai tuntas, sampai tambang fosfat benar-benar dihapuskan dan tidak ada lagi di Kabupaten Sumenep, sampai saat ini tidak ada jawaban tegas dan pihak manapun," tandasnya. (em/an/fd)


(*)