Pasang

UEFA Nations League 2021: Italia Tatap Semifinal dengan Status Tak Terkalahkan

  • Bagikan
Timnas Italia (Sumber foto: dok. Reuters)

SPORT, SINERGI MADURA – Pagelaran UEFA Nations League 2020/2021 tanpa terasa akan segera memasuki fase akhir. Empat tim bakal beradu strategi dalam babak semifinal.

Bermodal start kurang meyakinkan, Italia menatap Semifinal dengan status tak terkalahkan. Gli Azzurri akan berjumpa kembali dengan Spanyol, lawan yang sempat ia kalahkan pada gelaran semifinal EURO 2020. Laga ini akan tersaji di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Kamis (7/10/2021) dini hari.

Pasang

Laga antara Italia kontra tim Matador, Spanyol ini akan menjadi laga yang dijamin bakal berlangsung seru. Bukan sekadar pertemuaan dua tim besar Benua Biru, pertarungan antara Italia kontra Spanyol akan menjadi ajang balas dendam bagi Spanyol.

Mari kita coba gali memori, mundur sejenak ke belakang dengan mengingat kembali gelaran Italia kontra Spanyol di ajang Semifinal EURO 2020.

Kala itu, kedua tim berbagi angka 1-1 dan bertahan hingga waktu normal usai. Namun, Italia akhirnya menjadi pemenang setelah menuntaskan drama adu penalti. Italia melenggang ke Final bahkan berhasil menjadi juara Euro 2020 setelah lagi-lagi menang lewat drama adu penalti melawan tim Inggris.

Kini takdir mempertemukan kembali keduanya. Italia melaju ke semifinal dengan status tak terkalahkan!

Berikut kami ulas perjalanan Italia hingga mencapai babak semifinal UEFA Nations League 2021/2022.

Laga perdana: hanya mampu bermain imbang kontra Bosnia

Sebenarnya, Gli Azzurri mengawali kiprah tidak meyakinkan di UEFA Nations League. Di laga perdananya, Roberto Mancini membawa anak asuhnya meraih hasil imbang 1-1 kala bertemu Bosnia and Herzegovina (4/9/2020).

Italia bahkan harus memungut bola dari gawangnya lebih dulu setelah Edin Dzeko mencetak angka pada menit ke-57. Beruntung, Italia mampu bangkit dan menyamakan angka lewat gol Stefano Sensi hanya 10 menit berselang.

*Laga kedua: menang tipis atas Belanda

Tim Orange, Belanda, mengawali kiprahnya dengan kemenangan tipis 1-0 atas Polandia. Hasil ini membuat mereka unggul dua poin dari Italia di papan klasemen sementara. Namun pasukan Biru Langit berhasil menggeser warna Orange dari puncak klasemen grup setelah berhasil taklukkan Belanda 1-0. Kemenangan diraih berkat gol tunggal Nicolo Barella.

Baca Juga: Menang Telak atas Jerman, Spanyol Tantang Italia di Semifinal

Gagal raih poin penuh dalam dua laga beruntun

Setelah kemenangan atas Belanda, Italia justru kembali gagal mendapatkan tiga poin penuh. Bahkan, hal ini terjadi dalam dua laga beruntun. Italia hanya bermain imbang 0 – 0 menghadapi Polandia dan selanjutnya meraih hasil 1-1 kala menjamu Belanda.

Bangkit sempurna di 2 laga tersisa

Sadar posisi kurang menguntungkan, Mancini coba memompa semangat penuh anak asuhnya. Hasilnya, Italia menyapu dua laga terakhir fase grup dengan kemenangan sempurna.

Italia menang dengan skor identik 2-0 atas Polandia dan Bosnia. Dua gol Italia ke gawang Polandia dicetak oleh Jorginho dan Domenico Berardi. Berardi mengulang kembali golnya namun ke jala yang berbeda. Ia mencatatkan skor ke gawang Bosnia bersama Andrea Belotti.

Rebut puncak klasemen

Raihan ini membuat Italia kembali ke puncak klasemen Grup UEFA Nations League.

Tiga kemenangan dan tiga hasil imbang membuaat Italia berhasil menjadi juara Grup 1 dengan koleksi 12 poin. Dewi Fortuna menaungi Italia, karena dalam dua laga terakhirnya, Belanda juga menyapu bersih kemenangan.

Gli Azzurri melenggang manis ke semifinal UEFA Nations League hanya dengan keunggulan satu poin dari der Orange.

Dari rekam perjalanan panjang ini, satu hal yang pasti sobat sinergi perlu ketahui, bahwa Italia ingin memperlihatkan mentalitas mereka yang sebenarnya. Layakkah ia menjadi juara UEFA Nations League edisi kali ini?


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *