Pasang

Vaksinasi Serentak Tahap 2, Pemkab Sumenep Target Capai 70 Persen

  • Bagikan
MEMBERSAMAI: Bupati Achmad Fauzi saat meninjau vaksinasi serentak di halaman Pemkab Sumenep (Subaidi - Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURA – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan menggelar vaksinasi Covid-19 tahap 2 untuk pejabat publik dan masyarakat di halaman Pemkab setempat, Senin (4/10/2021).

Vaksinasi tahap ke-2 ini juga digelar serentak di masing-masing kecamatan dengan melibatkan tenaga kesehatan (Nakes), dihadiri langsung oleh Bupati, Kepala Dinkes, Kapolres dan Dandim 0827/Sumenep.

Pasang

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Agus Mulyono menyampaikan, tujuan vaksinasi ini adalah untuk memperkuat anti bodi (hard immunity) masyarakat dari virus Corona, sehingga tidak rentan terpapar Covid-19.

Dia memaparkan, capaian keseluruhan vaksin di Kota Keris hingga Ahad (3/10) ini, untuk dosis pertama mencapai 19,13 persen, dosis kedua 7,19 persen, dan dosis ketiga mencapai 60,59 persen.

Baca Juga: Serapan Gabah Petani Minim, DPRD Minta Pemkab Sumenep Cari Solusi

“Capaian terendah adalah untuk sasaran remaja, yaitu dari sasaran 91.708 orang, dosis pertama mencapai 1,89 persen dan dosis kedua baru 1,11 persen,” jelasnya.

“Sedangkan untuk lansia, dengan sasaran 137.129 orang, dosis pertama mencapai 7,25 persen dan dosis kedua baru mencapai 3,02 persen,” sambungnya.

Pihaknya berharap, untuk vaksinasi yang digelar di halaman Pemkab Sumenep kali ini dapat mencapai minimal 500 orang. Sedangkan untuk masing-masing Kecamatan diharapkan lebih meningkat hingga mampu mencapai 10.000 sasaran.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan, pemerataan vaksinasi akan terus dilakukan. Ia mengungkapkan, rendahnya capaian vaksinasi menurutnya karena faktor keterlambatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksin.

Berdasarkan indikator PPKM saat ini, sebut Fauzi, Kabupaten Sumenep berada di level 2. Sementara syarat penurunan level kabupaten/kota dari level 2 menjadi level 1, minimal vaksinasi menurutnya harus mencapai 70 persen.

“Jadi, target ini memang harus kita kejar bersama. Kalau bisa, dua bulan ini Kabupaten Sumenep harus bisa mencapai 70 persen,” tegasnya.

Pihaknya meminta kepada Forpimka masing-masing kecamatan di Kota Keris agar melakukan percepatan vaksinasi dengan cara melakukan sosialisasi dan pendekatan emosional kepada masyarakat.

“Karena jika tidak bisa mencapai 70 persen itu, sesuai dengan instruksi Kemendagri yang baru, maka penurunam level PPKM untuk Kabupaten Sumenep akan memakan waktu lama, sehingga aktivitas masyarakat pun juga bisa dibatasi kembali,” tandasnya.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *