Pasang

Waspada, Ini Tanda-tanda Kemunculan Sariawan di Area Mulut

  • Bagikan
Sariawan
Tanda sariawan di bibir. (Foto: halodoc.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Sariawan adalah sebuah luka atau peradangan di area bibir atau di dalam dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Sariawan sering kali dianggap sepele, padahal sangat mengganggu saat penderita sedang makan, minum, atau berbicara bahkan saat bangun tidur.

Pasang

Walau sariawan tidak menular tetapi hampir semua orang akan mengalaminya, terutama yang lebih sering mengalaminya adalah wanita, remaja, dan anak-anak.

Baca Juga: Cara Membuat Ayam Goreng Tepung agar Gurih dan Renyah

Permasalahan sariawan biasanya muncul di mana saja di dalam area mulut, termasuk di dalam pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut.

Dikutip dari Sinergi Jatim berbagai ciri-ciri kemunculan sariawan dan penyebabnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Membuat Tumis Brokoli Udang Bakso Ala Rumahan, Enak dan Simpel

Ciri-ciri kemunculan sariawan bisa di ketahui dari mulai perihnya area mulut yang di timbulkan dari bentuk oval atau bulat, berwarna putih atau kuning dengan tepian berwarna merah, dan memiliki ukuran serta jumlah yang bervariasi.

Sariawan bisa muncul di bagian mana pun di dalam mulut, seperti lidah, bibir, pipi bagian dalam, hingga gusi . Dan biasanya dapat pulih dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu.

Selain ciri-ciri kemunculan di atas, sariawan juga dapat disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari beberapa kondisi berikut ini.

Cedera, seperti karena tergigit atau kesalahan dalam menyikat gigi
Infeksi jamur, virus, atau bakteri di mulut atau di bagian tubuh lain.

Selain itu, karena kondisi penyakit autoimun, seperti lupus. Kondisi tertentu, seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, dan faktor genetik.

Terkadang, sariawan bisa jadi menandakan adanya tumor atau kanker di mulut dan lidah. Kondisi ini patut dicurigai jika sariawan yang muncul tak kunjung sembuh.

Segerakan melakukan pemeriksaan ke dokter, karena sejatinya sariawan akan sembuh maksimal 2 minggu saja.

Untuk itu kita selalu dianjurkan untuk menjaga kebersihan mulut kita, agar sariawan tidak tumbuh menjadi lebih parah dan berubah menjadi penyakit yang membahayakan seperti tumor atau kangker.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *