Pasang

Waspada Ular Masuk Rumah di Musim Penghujan, Ini Cara Mencegahnya

  • Bagikan
Foto: Istimewa

TIPS, SINERGI MADURA – Saat musim hujan, seringkali ditemukan banyak ular keluar dari sarangnya, lalu mencari tempat persembunyian yang ia anggap aman hingga masuk ke dalam pekarangan rumah.

Jika Anda mengalami hal semacam ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Jika tidak mengerti cara mengusir ular, segera panggil penjinak ular (panji) atau pemadam kebakaran untuk mengatasinya.

Pasang

Sebenarnya, ada beberapa kiat antisipatif yang dapat dilakukan untuk mencegah ular masuk pekarangan rumah, lebih-lebuh di musim penghujan seperti saat ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mencegah ular agar tidak masuk ke dalam rumah.

1. Hilangkan genangan air di dekat rumah

Periksa halaman dan rumah untuk mencari genangan air, terutama di area tersembunyi seperti daerah dekat pagar atau daerah lain yang lebih rendah.

Dengan menghilangkan genangan air ini, maka biasanya ular akan pindah memilih area lain untuk bersarang.

2. Tutup lubang di pekarangan

Ular bis saja menggunakan liang hewan lain untuk bersembunyi. Dadi itu, isi lubang dan liang dengan kerikil atau tanah untuk mencegah ular membuat sarang di dalam lubang tersebut.

Baca Juga: Cocok untuk Kaum Rebahan, 5 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal 2021

3. Jaga agar rumput di halaman tetap pendek

Biasanya rumput yang rimbun disukai ulatlr untuk bersembunya. Jadi, memangkas rumput sesering mungkin agar tidak rimbun, akan mencegah ular bersembunyi di halaman.

4. Hilangkan tempat yang mungkin digunakan ular untuk bersarang

Ular suka bersembunyi dari pemangsa di tempat yang hangat dan terlindung. Untuk itu, ada baiknya anda menghilangkan area di halaman di mana ular mungkin tinggal, seperti barang-barang kecil bertumpuk, penyimpanan kayu bakar, dan tempat-tempat penyimpanan barang lainnya.

5. Jangan biarkan burung dan tikus berkumpul

Tempat berlindungnya burung atau tempat mandi burung bisa menarik tikus, yang nantinya akan menarik ular.

Jika memiliki hewan peliharaan, sebaiknya berikan mereka makanan secukupnya dan buang ke tempat sampah jika tak dihabiskan. Hal itu dilakukan supaya tikus tidak datang untuk menghabiskannya.

6. Tutup akses keluar dan masuk

Anda harus menutup semua akses yang memungkinkan ular untuk masuk ke rumah, seperti halnya bagian angin-angin, atau adanya retakan pada tembok dan pondasi.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *