Pasang

WhatsApp down, Jangan Panik, Ini Solusinya!

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi media WhatsApp, Instagram dan Facebook (Istimewa)

TECHNO, SINERGI MADURA – Pengguna jejaring aplikasi sosial media Facebook di tanah air mengalami down pada Senin (4/10/2021) malam. Tak jarang hal ini berimbas pada beberapa platform aplikasi yang terkoneksi seperti WhatsApp dan Instagram.

Situasi ini ternyata juga dialami di sejumlah negara. Dilansir dari www.ndtv.com, banyak pengguna WhatsApp, Instagram dan Facebook di sejumlah negara mengalami error.

Pasang

“Maaf, sesuatu telah terjadi. Kami sedang bekeja untuk memulihkan dan kami berharap secepat yang kami bisa,” bunyi pesan di website Facebook.

Hal ini bukan kali pertama terjadi. Beberapa waktu lalu WhatsApp, Instagram dan Facebook juga pernah down secara bersamaan.

Bagi Anda yang bergantung pada aplikasi WhatsApp tidak perlu panik. Ketika WhatsApp anda down, cobalah beberapa alternatif berikut:

1. Periksa jaringan Internet
Saat menjumpai WhatsApp error, cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek jaringan internet yang sedang aktif. Pastikan internet terkoneksi dengan baik.

2. Restart handphone
Jika solusi pertama belum berhasil, cobalah solusi selanjutnya. Restart Hp dalam posisi menyala. Sebelumnya, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur mode pesawat. Setelah fitur mode pesawat aktif, tunggu selama 30 detik. Setelah itu matikan kembali mode pesawat.
Trik ini sama dengan Anda merestart ponsel.

3. Cek fitur penghemat daya
Jika kedua cara di atas juga belum berhasil, tenanglah dan tetap jangan panik. Anda bisa mencoba alternatif ini.

Masih ingat ketika baterai lemah, Anda biasanya akan mendapat peringatan “Aktifkan fitur penghemat daya ” di Android. Tak jarang, fitur aplikasi yang secara otomatis menghemat daya saat baterai ponsel melemah ini justru membuat pesan WhatsApp jadi terganggu, tidak masuk atau pending (menunggu).

Maka Anda perlu menonaktifkan fitur tersebut. Caranya dengan masuk ke menu Setting > Battery > Battery saver dan matikan Toggle yang aktif.

4. Bersihkan sampah Cache
Dalam setiap aplikasi yang terinstall terdapat fitur bawaan yang disebut cache. Cache merupakan data yang disimpan sementara guna mempercepat pemprosesan sebuah aplikasi.

WhatsApp akan mudah error dan berakibat tertundanya pesan yang dikirim atau diterima. Karena itu, penting sesekali untuk rutin mengecek cache WhatsApp dan membersihkannya.

Langkahnya adalah sebagai berikut:
a. pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache.
b. Tunggu sebentar hingga WhatsApp kembali menerima pesan.

5. Hapus dan Instal ulang Aplikasi WhatsApp
Masih belum berhasil dengan beberapa solusi di atas, masih ada solusi selanjutnya.

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan tetapi masih gagal, cobalah untuk menghapus dan menginstal ulang WhatsApp di ponselmu. Setelah menghapus aplikasi, download kembali aplikasi WhatsApp baru di Play Store, lakukan penginstalan dan, beres!

7. Menunggu
Jika sumbernya adalah server yang sedang down atau dengan kata lain mengalami penurunan performa, maka pengguna hanya bisa menunggu hingga server pulih.

Lalu apa yang bisa kita lakukan sambil menunggu server kembali kepada performa optimalnya?

Pastikan memiliki aplikasi chatting lain di luar WhatsApp yang juga terhubung dengan kolegamu.

Atau yang paling mudah, lakukanlah komunikasi lewat email. Karena pada dasarnya, untuk memiliki aplikasi tertentu, pengguna dituntut untuk memiliki suatu akun email yang aktif.

Selamat mencoba!


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *