Pasang

WHO Rilis 6 Ular Paling Berbahaya, Cek Daftarnya!

  • Bagikan
Foto: King Cobra (antriksh/Pixabay.com)

INTERNATIONAL, SINERGI MADURA – Semua orang pasti takut dengan binatang yang bernama ular. Apalagi dengan ular jenis predator yang terkenal beracun dan dapat membunuh seseorang dalam waktu dekat.

Menurut World Health Organization (WHO) terdapat lebih dari 600 spesies ular berbisa yang ditemukan di bumi, tetapi hanya sekitar 200 spesies yang dapat membunuh manusia dengan cepat.

Pasang

Dari 200 spesies itu, WHO kembali merinci ular-ular yang sangat berbahaya menjadi 6. Berikut daftarnya:

1. Ular harimau, dalam bahasa latin disebut juga Notechis scutatus. Ular ini dapat ditemukan di Australia selatan dan Tasmania.

Untuk membunuh korban, ular ini memiliki bisa dengan campuran neurotoksin yang kuat, koagulan, hemolisin, dan miotoksin.

Ukuran ular harimau bermacam-macam, bisanya bergantung pada jenis mangsa yang mereka sukai.

2. Ular viper bersisik gergaji, (Echis carinatus). Ia memiliki racun yang berbahaya. Ular mematikan ini dapat ditemukan di sebagian India dan Timur Tengah.

Dibandingkan jenis ular lainnya, ular viper bersisik gergaji bertanggung jawab atas lebih banyak kematian manusia dalam setiap tahun.

Baca Juga: Bintang Tottenham Hotspur Syukuri Tumbangnya WhatsApp dan Instagram

3. Ular king cobra (Ophiophagus hannah). Ular ini mempunyai neurotoksin yang cukup untuk membunuh seekor gajah Asia dan sekitar 50 persen korban yang digigitnya.

Ukuran ular yang berbahaya ini panjanganya bisa mencapai 5,5 meter dan menjadi salah satu ular berbisa terpanjang di dunia.

4. Ular pedalaman Taipan (Oxyuranus microlepidotus). Ular ini merupakan ular mematikan dengam gigitan yang cepat membunuh manusia. Bahkan bisa membunuh hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Jenis ular tersebut termasuk yang paling berbahaya di dunia. Memiliki racun yang dapat melumpuhkan mangsanya dengan menyebabkan pendarahan di pembuluh darah dan jaringan otot.

5. Ular black mamba (Dendroaspis polylepis). Jenis ular ini disebut juga ular tercepat di dunia. Ular black mamba dapat bergerak dengan kecepatan 5,5 meter per detik. Untuk membunuh manusia dengan gigitannya, ia hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Biasanya ular tersebut membunuh mangsanya dengan menusuk lewat taring. Setiap gigitan ular ini menyuntikkan racun neurotoksik yang berbahaya.

6. Ular laut belcheri (Hydrophis belcheri). Gigitan ular ini disebutkan 100 kali lebih mematikan dibandingkan ular pedalaman Taipan. Namun, ular yang berasal dari Samudra Hindia dan Pasifik ini sangat jarang ditemukan mengigit manusia.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *