Pasang

Yuk, Coba Cicip Sarapan Sehat dan Enak Nasi Ampog Madura

  • Bagikan
LEZAT: Nasi ampog Madura (Foto: IG@fifiwijaya2904)
LEZAT: Nasi ampog Madura (Foto: [email protected])

KULINER, SINERGI MADURA – Setiap daerah di Indonesia memiliki menu sarapan khas, termasuk di Madura. Jika Anda jalan-jalan ke daerah yang punya julukan Pulau Garam ini, Anda bisa menikmati sarapan enak, namanya nasi ampog.

Nasi Ampog ala Madura ini diracik dari beras plus jagung dengan lauk lengkap, seperti ikan asin atau ikan laut. Selipan pipilan jagung membuat rasa nasi ampog sedikit manis.

Pasang

Biasanya, bagi masyarakat pulau di timur laut Jawa Timur ini, menu nasi ampog dijadikan menu sarapan untuk mengganjal perut di pagi hari.

Sebetulnya, dahulu nasi ampog terbuat murni dari jagung, akan tetapi seiring perubahan selera masyarakat membuat penjual mencampurkan nasi putih pada racikannya.

Baca Juga: 3 Makanan Khas Madura Ini Cocok untuk Sarapan Pagi

Mengenai bahan utamanya, jagung bukanlah hal yang sulit didapat di Madura, sebab hasil panen jagung petani di pulau ini sangat berlimpah. Namun, hasil padi di Madura lebih cenderung lebih sedikit dari pada jagung.

Umumnya, bagi orang Madura yang dijadikan bungkus atau alas nasi ampog ini adalah daun pisang. Selain ikan asin, lauk pauknya untuk melengkapi nasi ampog ini adalah ikan goreng, urap, daging, sayur lodeh, pepes, rempeyek udang, serta sambal petis. Untuk campuran lauk-pauknya di setiap daerah di Madura bisa berbeda.

Di Kabupaten Sumenep, misalnya, nasi ampog umum disajikan dengan pindang goreng. Ikan pindang ini ditumis bersama tomat, bawang merah dan sedikit campuran sayur.

Menurut cerita orang kuno, nasi ampog dianggap membuat perut kenyang lebih lama dari pada masakan nasi putih. Selain itu banyak orang menyukai nasi ampog, karena dikabarkan baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Di Sumenep sendiri, meski sudah jarang ditemui di warung-warung makan, namun di sebagian daerah, terutama wilayah pinggiran pasar tradisional, masih banyak yang menjual nasi ampog. Biasanya dihargai murah meriah, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp. 10.000 per porsi. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *